Rabu, 20 Februari 2013

Tips Membeli Helm Bagus Tapi Ringan Di Kantong

Sobat Gallery, kami mau beri beberapa tips dalam membeli helm supaya keselamatan terjamin dan juga ringan di kantong. 





Pastikan Helm Tersebut Lulus Standard Uji. SNI atau DOT tidak masalah asal bukan asal ngaku lulus. Memang banyak pabrikan yang mencantumkan standard SNI atau DOT tapi sebenarnya kualitasnya tidak standard. Hal ini dikarenakan masih kurangnya sistem pengawasan terhadap produk keselamatan ini.  Memang merknya terdaftar SNI tapi apa pasti kualitasnya standard? Caranya : Kenali Fisik Helm yang benar-benar kuat dan bagus. 

1. PLASTIK SHELL. Orang sering salah kaprah cari helm yang Ringan. Padahal Ringan bukan jaminan helm itu bisa melindungi.  Karena helm yang Aman adalah yang terbuat dari PLASTIC ABS - http://en.wikipedia.org/wiki/Acrylonitrile_butadiene_styrene (ciri-cirinya Bahan kuat tidak lentur biji plastik berwarna Putih Kekuningan Bukan Hitam, HATI-HATI dengan PLASTIK DAUR ULANG atau PLASTIK PP aka PLASTIK EMBER). Ketebalannya pun ada minimalnya sekitar 3mm-5mm. 

PLASTIK ABS  WARNA PUTIH KEKUNINGAN.

PLASTIK PP CATNYA MUDAH MENGELUPAS 



Kalau mau ringan biasanya orang mencampur Plastik ABS dengan Serat Fiber. Karena Serat Fiber sifatnya ringan tapi Kuat. Tapi Pasti Helmnya Mahal. Kebanyakan Helm-helm Balap Internasional seperti merk ARAI, AGV, BELL, SUOMY, KYT, INK. 

2. EPS STYROFOAM (PEREDAM KEJUT). Fitur Terpenting Di Helm. Jangan Sampai Curi Kualitas.
Untuk STYROFOAM ini Kepadatannya dan Ketebalanya harus bagus supaya bisa meredam Impact Benturan saat terjadi kecelakaan. Harus ada minimal densitynya dan ketebalan. Coba Anda Check sebelum membeli EPSnya harus keras. Kalau empuk seperti styrofoam bungkus elektronik Jangan dibeli. Sebagai contoh: Untuk lulus Standard Uji Keselamatan EPS harus mempunyai Density 90gram/liter. Tapi ada pabrikan yang mengurangi kepadatan untuk alasan cost. Wah bahaya nih....! So Sobat Pastikan dulu ya EPSnya keras. Jangan empuk kaya bungkus Kerdus. Tebalnya juga rata-rata harus 3 cm.
Karena standard ini konsekuensinya helm Standard tidak mungkin seringan helm tidak standard.
EPS yang Jelek Mudah DiTusuk .

EPS yang Bagus Keras dengan kepadatan Standard


3. Check CHINSTRAP. Tali Dagu pastikan terbuat dari bahan yang Kuat (disarankan terbuat dari Metal bukan Plastik) Chinstrap harus dari bahan metal seperti di Safety Belt di Mobil atau di Pesawat Udara. Dan Pastikan Chinstrap dipress dengan baik sehingga tidak lepas dari Cangkang atau SHELL Helmet.

4. Disarankan Membeli HELM yang REMOVABLE PADDING (SPONnya BISA DILEPAS). Sehingga mudah dibersihkan. Ada bahan yang bagus Sobat untuk Spon Helm ini, Sebagai Contoh Merk KYT memakai DRYLEX MICROFIBER . Pertama bahannya tidak rapuh meski di pakai di cuaca tropis seperti Indonesia yang sering Hujan dan Panas. Microfiber membuat Spon terasa halus dan cepat kering.

5. Helm model Terbaru Ada sistem ANTI-THEFT. Teknologi ini kami perhatikan sangat penting buat biker. Karena Sudah beli Helm Mahal-mahal dan Bagus tentunya tidak ingin dicuri orang. 

So itu guys Tips memilih Helm dari kami. Bulan Febuari- Maret 2013 ini dapatkan helm yang Bagus di Surabaya Helmet Gallery dan Bali Helmet Gallery. Karena ada Program CICILAN MANDIRI 0% bisa dicicil 3,6 atau 12 bulan. Sehingga ringan Dikantong. So, Tunggu apa Lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar